Saturday, August 9, 2014

Korean Fashion Brand: Pancoat

                                    please ignore the snow drop on my beannie   

Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis at least satu post saja tentang fashion Korea, selain karena saya senang sekali mengamati dunia fashion, pastinya akan menarik untuk melihat trend fashion apa yang sedang berkembang ketika saya tinggal di Korea Selatan karena perbedaan musim atau trend dengan Indonesia. Tinggal di tengah-tengah anak muda Korea yang sadar fashion sedikit mewarnai gaya berpakaian saya, bagaimana tidak? Karena barang-barang fashion yang dijual di Korea rata-rata sesuai dengan trend saat itu, jadinya apa yang saya beli mau tidak mau mengikuti trend yang sedang hype.


Dulu ketika masih menjadi fans Kpop saya sangat memperhatikan brand-brand apa saja yang digunakan oleh artis Kpop. Bahkan ada satu website favorit saya dimana website tersebut menampilkan foto-foto artis Kpop beserta detail brand dan harga barang yang dipakai. Dari situ, saya jadi lebih aware dengan berbagai merek asal Korea maupun merek internasional.

Meskipun dunia fashion di Korea Selatan sangat dinamis, tidak semua brand mengubah karakter busana mereka sesuai trend yang sedang happening. Ada satu merek fashion favorit saya sejak dulu saat saya masih menjadi fans Kpop, yakni Pancoat

Pancoat ini menjadi semakin melekat di benak saya ketika brand ini meng-endorse semua artis Kpop dalam acara Idol Star Championship selama beberapa tahun. Tidak hanya muncul dalam acara annual seperti Idol Star Championship, banyak artis Korea/Kpop yang memakai Pancoat yang terekam dalam foto-foto airport fashion dan acara reality show kpop idol di tv atau Running Man. Sebagai seseorang yang suka desain lucu-lucu dan lebih suka berpakaian casually on daily basis instead of classy/elegant/girly saya langsung jatuh hati sama brand ini.


***

Saya bersorak gembira seketika itu juga saat menemukan store Pancoat – brand yang saya idam-idamkan sejak dulu  di downtown kota tempat saya tinggal di Korea Selatan. Saat itu sudah masuk musim semi jadi kebanyakan koleksinya adalah sweater, hoodie tebal, dan bahkan jaket winter. As expected, koleksi-koleksi Pancoat memang lucu-lucu! Singkat cerita, akhirnya saya melakukan pembelian di store Pancoat tersebut ('melakukan pembelian'? astaga...bahasa saya skripsi sekali). Ohya, saat saya membeli hoodie Pancoat, seorang ahjussi yang menjaga store tersebut memberikan bonus sepasang kaos kaki Pancoat yang unyu sekali. 
  


wearing Pancoat hoodie, detail here

Secara keseluruhan kualitas barang-barang pancoat memang benar-benar high quality, meskipun agak pricey. Dan yang saya suka dari brand ini adalah ia tetap mempertahankan ciri khasnya dengan desain kasual, colorful, dan beberapa icon trademark yang lucu-lucu dan bikin gemes >.<


***

Sekembalinya saya ke Indonesia, saya kaget melihat Pop Duck (salah satu icon trademark Pancoat) muncul di beberapa kaos yang dijual di offline store maupun online shop, pastinya kaos-kaos itu tidak mungkin brand Pancoat asli karena produk Pancoat hanya dijual di flagship storenya atau melalui online di website official Pancoat. Dari segi harga Pancoat "aspal" ini jauh lebih murah daripada Pancoat asli. Ternyata tidak hanya “mengambil” icon Pancoat untuk dicetak di kaos, ada juga sweater tiruan Pancoat dengan model yang mirip dengan aslinya yang dijual di salah satu butik di Jakarta. Belum cukup disitu, akhir-akhir ini saya melihat salah satu butik di Semarang menjual tas dengan icon dan logo Pancoat, double shock. Penasaran, saya check kualitas printing icon dan logo Pancoat...


fake Pancoat

Secara kasat mata, tas di atas seolah-olah adalah produk Pancoat apalagi dengan adanya tag Pancoat di bagian samping tas tersebut yang semakin meyakinkan bahwa ini merupakan produk asli, entah apakah Pancoat sendiri mengeluarkan model tas seperti itu atau tidak tetapi jika diperhatikan detail bahan, printing, zipper, dan jahitannya kita akan tau bahwa ini bukan Pancoat asli. Pancoat asli menggunakan bahan kain yang berkualitas, jahitan yang rapi, dan printing yang bagus (kok saya jadi terdengar seperti sales Pancoat?)


Barang tiruan a.k.a palsu a.k.a KW bukanlah hal baru dalam dunia fashion, tetapi apa yang saya temukan ini cukup mengejutkan karena saya pikir brand Pancoat bukan termasuk brand yang populer seperti brand-brand internasional lainnya. Mungkin kalo dulu saya bukan fans Kpop saya juga tidak akan tau eksistensi brand ini.


Well, akhirnya saya berpikir alasan dipalsunya merek Pancoat mungkin adalah karena Kpop dan segala hal yang berbau tentang Korea – termasuk fashionnya  yang sedang mewabah di dunia ini memiliki nilai jual yang menjanjikan,  
bukan begitu?  


No comments:

Post a Comment